Thursday, July 12, 2012

Sejarah SEO dan Pengertian SEO

Sejarah Singkat Tentang SEO dan Pengertian SEO
Sejarah Singkat SEO
Pada tanggal 26 bulan juli tahun 1997 Search Engine Optimization mulai digunakan untuk pertama kalinya di usenet (sistem diskusi internet yang terdistribusi secara global). Pada waktu itu algoritma search engine masih didasarkan sepenuhnya melalui meta tag pada template kode html blog/web. Fungsi meta tag yaitu sebagai informasi mengenai isi dari blog/web tersebut dengan beberapa keywords atau kata kunci yang di targetkan. Dulu para webmaster pernah melakukan rekayasa dengan cara menuliskan beberapa keywords yang sama sekali tidak sesuai dengan isi dari konten web.

Ini tentu menimbulkan dampak negatif bagi search engines karena hasil pencarian search engine menjadi tidak sesuai/tidak relavan dan menimbulkan kerugian bagi user (pengguna internet) yang sedang melakukan searching, yang mengharapkan search engine memberikan hasil pencarian yang sesuai dan berkualitas sesuai keyword atau kata kunci yang di tulisnya.

Tapi sekarang Meta keywords itu sudah tidak berarti apa-apa lagi bagi search engines (Google, Bing dan Yahoo). Sejak 2009 yang lalu Matt Cutts seorang engineer Google telah mengumumkan kepada publik melalui video youtube bahwa meta tag keywords sudah tidak digunakan lagi untuk menentukan peringkat web pada mesin pencari Google.



Pengertian SEO
Search Engine Optimization atau lebih di kenal dengan nama SEO. Pengertian SEO menurut Wikipedia:
serangkaian proses yang dilakukan dengan sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan volume traffic melalui mesin pencari.
Jika diringkas menurut saya pribadi SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas traffic  atau kunjungan blog/web melalui Search Engine (Mesin Pencari) seperi Google, Bing dan Yahoo dengan memanfaatkan algoritma dari masing-masing search engine tersebut.

Tujuan SEO yaitu untuk menempatkan blog/website pada posisi teratas atau setidaknya First Page (Halaman Pertama) di hasil pencarian Search Engine tersebut berdasarkan keyword atau kata kunci yang di tulis...

Selanjutnya silahkan simak 5 Manfaat SEO untuk Web/Blog
Reference: en.wikipedia.org

Seluruh artikel di blog ini memiliki Hak Cipta. Jika ingin repost atau menyebarluaskan harap mencantumkan link sebagai sumbernya. Terima kasih.

Get free daily email updates!

Follow us!