Monday, September 3, 2012

Merubah Tag Heading Menjadi H1 Untuk Judul Postingan Di Blogger

Merubah Tag Heading Menjadi H1 Untuk Judul Postingan Di Blogger

Tag Heading adalah bahasa markup (HTML) yang berfungsi untuk mengatur tingkatan Heading dari yang terbesar sampai yang terkecil (Subheading). Tag heading H1 merupakan tag Terbesar jika dibandingkan dengan Tag heading lainnya yang lebih kecil: H2, H3 dan seterusnya... sampai H6. Jika anda menggunakan template dari Blogger atau  template free premium, Tag Heading pada judul postingan biasanya menggunakan Tag H3 atau H2. Bukan berarti Penggunaan Tag heading h3 atau h2 pada judul postingan tidak SEO Friendly, bahkan banyak sekali web/blog yang menggunakan h3 atau h2 pada judul postingan tapi mempunyai Pagerank dan Traffic yang tinggi. Meski banyak sekali yang membahas mengenai penggunaan H1 sangat penting untuk meningkatkan SEO, tapi menurut para Webmaster (Pegiat SEO) Penggunaan H1 untuk judul postingan hanya berpengaruh sedikit untuk meningkatkan SEO.
Tag Heading Menjadi H1
Walaupun berpengaruh sedikit untuk meningkatkan SEO tapi saya tetap menggunakan H1 hanya pada judul postingan, tujuannya lebih kepada untuk memperindah dan menonjolkan title post karena ukurannya yang memang lebih besar dan sedikit untuk meningkatkan SEO blog. Tahun 2009 yang lalu Matt Cutts (seorang software engineer Google) pernah memberi tahu kepada publik melalui Video di Youtube bahwa Penggunaan H1 yang berlebihan dapat di anggap SPAM oleh Google.


Berikut Cara Merubah Tag Heading Menjadi H1 Untuk Judul Postingan

1. Pada dashboard klik More options > Template.
2. Klik Edit HTML > Proceed.
3. Klik "Expand widget templates."
4. Lalu cari kode yang sama seperti di bawah ini. Jika mencari tag heading h3 tidak ditemukan, cari tag heading h2.
<b:if cond='data:post.title'>
      <h3 class='post-title entry-title'>
     <b:if cond='data:post.link'>
       <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
     <b:else/>
        <b:if cond='data:post.url'>
          <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
        <b:else/>
          <data:post.title/>
        </b:if>
     </b:if>
      </h3>
    </b:if>
5. Nanti anda akan menemukan kode di atas dua kali. Pertama adalah untuk tampilan layar Desktop dan yang kedua adalah untuk tampilan Handphone (mobile). <b:include name='mobile-nextprev'/>
6. Ubah kode tag yang berwarna orange di atas h3 Menjadi h1.
7. Klik Save Template.
8. Done.

Jika anda mengalami kesulitan ketika mengganti tag heading menjadi h1, silahkan tinggalkan komentar. Jangan ragu untuk bertanya, Insya Allah saya akan coba jawab secepatnya...

Seluruh artikel di blog ini memiliki Hak Cipta. Jika ingin repost atau menyebarluaskan harap mencantumkan link sebagai sumbernya. Terima kasih.

Get free daily email updates!

Follow us!