Sunday, August 12, 2012

Cara Menampilkan Foto Profil Blog/Google+ di Hasil Pencarian Google

Menampilkan Foto Profil Google+
Cara menampilkan foto profil - Pernah melihat foto yang tampil di hasil pencarian Google search engine? Ya! Itu adalah foto profil/gambar profil Google plus, foto yang tampil di sebelah kiri deskripsi postingan atau deskripsi blog/web. Berikut contohnya:

Menampilkan Foto Profil Blog/Google+ di Hasil Pencarian Google
Dengan menampilkan foto profil Google plus di hasil pencarian google search engine akan ada kesan berbeda dengan yang lainnya, lebih menarik, dan terlihat lebih profesional. Kita juga bisa langsung melihat Wajah dari si penulis (author) dari web/blog tersebut. Untuk mengetahui lebih detail penulis dari web/blog tersebut, kita cukup klik Namanya di samping kiri  foto profilnya dan nanti akan langsung di arahkan ke akun Google+ penulis tersebut.

Sebelum menampilkan foto profil google+ di hasil pencarian Google search engine pastikan blog anda sudah terhubung dengan akun google plus. Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Cara Menampilkan Foto Profil Google+ di Hasil Pencarian Google:

1. Pada dashboard klik More options > Template > Edit Html > Proceed.
2. Letakkan link di bawah ini di bawah kode tag <head>.
<link href='https://plus.google.com/101847230943842885090' rel='publisher'/>
3. Setelah itu letakkan link di bawah ini di Footer, seperti pada blog ini (Join My Circle) disebelah kanan privacy policy. Bisa juga di letakkan di Sidebar, yang jelas harus mucul di setiap halaman.
<a href='https://plus.google.com/101847230943842885090' rel='author' target='_blank' title='Nur Wahid'>Join My Circle</a>
Keterangan:
  • Ubah https://plus.google.com/101847230943842885090 dengan Url ID google plus anda.
  • Ubah Nur Wahid dengan Nama akun Google plus anda.
4. Save.
5. Masuk ke akun profil google plus anda.
6. Klik edit Profil, Scroll mouse kebawah lihat "Kontributor untuk", lalu Klik.
7. Klik Tambahkan tautan khusus.
8. Pada label isikan Nama blog anda, lalu pada URL isikan url blog anda. Klik "pengeditan selesai".
10. Simpan. Setelah itu silahkan check dengan Rich snippets testing tool, masukkan salah satu Url postingan blog anda, lalu klik Preview.

Jika berhasil maka akan muncul foto profil anda dan Publisher beserta Author yang sudah terverifikasi. Agar foto profil tampil di hasil pencarian Google search engine setidaknya memakan waktu sampai 2 Minggu atau bisa juga lebih cepat.

Seluruh artikel di blog ini memiliki Hak Cipta. Jika ingin repost atau menyebarluaskan harap mencantumkan link sebagai sumbernya. Terima kasih.

Get free daily email updates!

Follow us!