Thursday, November 15, 2012

Sistem Komentar DISQUS 2012

Sistem Komentar DISQUS 2012
Disqus merupakan sistem komentar yang bertujuan untuk meningkatkan percakapan atau diskusi secara online pada situs web. Disqus berdiri sejak tahun 2007 di kota San Francisco, Amerika Serikat. Disqus menyediakan widget comment yang dapat dipasang dan digunakan di berbagai platform seperti; Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal, Tumblr TypePad, MovableType, DokuWiki, Sandvox, chi.mp, Squarespace, dan Yola. Fitur-fitur yang disediakan oleh Disqus diantaranya yaitu:

Import Tools
Dengan fitur ini memungkinkan anda dapat mengimport komentar dari platform Blogger, Wordpress dan lain sebagainya ke sistem komentar disqus dengan mudah. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir komentar akan hilang jika menggunakan sistem komentar disqus.

Color Scheme
Dengan fitur ini memungkinkan anda dapat mengubah skema warna sistem komentar disqus, terdapat dua pilihan skema warna yaitu Light dan Dark. Klik Uncheck (hilangkan tanda centang) untuk membiarkan disqus memilih skema warna secara otomatis sesuai dengan warna link pada postingan blog anda.

Pre-Moderation

Fitur ini hampir sama dengan fitur yang sudah tersedia pada blogger (Comment Moderation) fungsinya yaitu dapat memoderasi komentar yang masuk sebelum komentar tersebut di publish. Bedanya, pre moderation pada sistem komentar disqus dan Comment Moderation pada sistem komentar blogger yaitu pada sistem komentar disqus kita dapat mengatur komentar dari siapa yang akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublish. Apakah anonymous atau siapapun (semua pengomentar) kecuali admin. Sayangnya fitur Pre-Moderation hanya tersedia pada Disqus lama, sedangkan pada Disqus 2012 fitur ini tidak tersedia. Jika anda baru mendaftar ke Disqus secara default anda akan menggunakan fitur Disqus 2012, untuk mengaktifkan fitur Pre Moderation masuk ke menu Admin > Setting > General, lihat Disqus 2012 lalu Uncheck (hilangkan tanda centang) pada Enable Disqus 2012 Fitur... Lalu klik Save Changes. Setelah itu fitur Pre Moderation baru akan muncul, scroll mouse ke bawah lihat Pre Moderation lalu atur sesuai keinginan. Jika sudah selesai klik Save changes.

Media Attachments
Dengan fitur ini memungkinkan anda dapat berkomentar sekaligus melampirkan foto dan video. Sebuah fitur yang sangat bagus dan menarik tentunya.

Edit Comment Button

Dengan fitur ini memungkinkan anda dapat mengedit komentar yang sudah anda terbitkan.

Voting Button
Tombol vote yang terletak di sebelah kiri tombol edit komentar, dengan tombol vote memungkinkan anda untuk memberi vote up pada pengomentar yang memberikan komentar yang bagus, dan vote down pada pengomentar yang memberikan komentar kurang bagus atau mengandung spam.

Star Rating

Dengan fitur ini memungkinkan anda dapat memberi rating pada sebuah posting yang anda sukai. Dengan tambahan tombol "more option" di sebelah kanannya yang memuat tombol berbagi ke facebook dan twitter, berlangganan thread via email, dan beralangganan thread via RSS.

Keyboard Shortcuts
Dengan fitur ini memungkinkan anda dapat memoderasi komentar dengan mudah dan cepat. Mengambil tindakan seperti; menghapus komentar, menandai komentar sebagai spam, menghapus komentar, dan mengubah menu tab ke menu tab yang lain tanpa harus menyentuh mouse. Untuk menggunakan fitur ini masuk ke menu Admin > Moderate, kemudian tekan tombol "?" (tanpa tanda kutip) nanti akan muncul tombol-tombol perintah keyboard shortcuts yang dapat anda gunakan untuk menyingkat dan mempercepat suatu perintah.

Dan masih banyak fitur-fitur Disqus 2012 menarik lainnya seperti; In-Line & Moderation yang dapat memoderasi komentar langsung pada thread, Spam Controls & Word Filtering yang merupakan perlindungan terhadap spam yang bekerja dengan jaringan yang luas, BlackListing & WhiteListing yang dapat mencegah pengomentar untuk berkomentar dan memungkinkan menerima pengguna untuk dapat melewati filter moderasi seperti spam dan lain sebagainya, Restricted Words merupakan fitur untuk memoderasi komentar sebelum di publish yang mengandung kata-kata spam. Dan lain sebagainya...

Update:
Sistem komentar DisQus 2012 baru-baru ini telah meluncurkan beberapa fitur terbaru diantaranya Typeface, Moderator Badge Text, dan juga Fitur Pre-Moderation yang dulu hanya tersedia pada sistem komentar DisQus lama, kini pada sistem komentar DisQus 2012 sudah tersedia!

Seluruh artikel di blog ini memiliki Hak Cipta. Jika ingin repost atau menyebarluaskan harap mencantumkan link sebagai sumbernya. Terima kasih.

Get free daily email updates!

Follow us!